Langsung ke konten utama

Let's farming...

sehubungan dengan harga cabe yang meningkat signifikan sepanjang bulan ini... jadi kepikiran untuk menambah jumlah tanaman cabe di rumah...
lumayan sih, tanaman cabe dirumah ada beberapa... dan mereka lumayan produktif juga... misal dijualpun, masih dapat lah 5ribu rupiah... lumayan banget kan...? padal nanemnya pun gampang banget.. tinggal cabe yang udah kurang bagus, bisa cabe rawit, setan, atau cabe besar.... dbuang aja di pot atau tanah yang udah direncanakan untuk ditanami cabe...
Alhamdulillah sejauh ini, cabe-cabe itupun bermekaran dan berbuah... 

yang cabe rawit pun dulu kirainnya udah mati karena kering, yang tertinggal hanya bonggol cabe gede.. pas mo dicabut sama ayah... jangan dululah... dan ternyata nongol deh cabe nya... 

sebenernya ada banyak tanaman yang gampang banget nanemnya lho... dan perawatannya pun juga mudah...

for the next project nih... pengen bertanam daun bawang (selalu ambil akarnya dan coba ditaruh di wadah berair... ehh lama-lama lupa dan akhirnya busuk.. karena kebanyakan air kali ya) kalo pas langsung ditanam di pot... bisa juga, pernah numbuh tapi engga banyak dan kecil2... mungkin karena kurang nutrisi ya... jadi, mari kita mencari tanah berpupuk yang dijual ditoko tanaman, sekalian lirik-lirik kalo ada tanaman kecil lucu-lucu buat ditanam di depan rumah... berasa agak kurang tanaman depan, karena tanaman kecil2nya pada menghilang... hahaha... baca : sempet pada dicabutin tanemannya karena banyak ulat... padal bisa diantisipasi dengan semprot hama juga sih... 

so back to the farming... 
Cara bertanam sayuran dapur versi defatha simple banget lho...

1. daun bawang
setiap pergi ke pasar atau beli sayuran di warung.. biasanya kita bakalan dikasih daun bawang dan seledri yang masih ada akarnya kan... ? nah, jangan buru-buru dibuang tuh... 
Potong akar daun bawang dan taruh di wadah air tapi jangan banyak-banyak... kalau sudah mule tumbuh daun-daun baru, bisa dpindahkan ke pot... atau bisa juga, akar daun bawang langsung dtaruh di pot... jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari ya, jangan banyak-banyak airnya..,. secukupnya aja karena akar daun bawang bisa membusuk kalo kebanyakan air

Seledri
seledri ini, sama-sama aja cara penanamannya seperti daun bawang... ambil akarnya langsung tancepin ke pot 

2. sawi, fokcay
nah yang ini pernah percobaan dan lagi karena terkendali kurangnya nutrisi tanah jadi berkembangnya kurang maksimal. untuk penanamannya mudah juga lho, tinggal potong bonggol bawahnya, tusuk2 sedikit untuk resapan airnya... da tancepin deh ke tanah... sudah tinggal nunggu beberapa hari sampe daun-daun baru bermunculan...

3. kangkung, bayam
hihihihi... udah percobaan tinggal masukin aja akar kangkung / bayam ke tanah... ditungguin aja..
kemaren zufar saya coba untuk nanem kangkung ke pot... dan sampe sekarang kangkungnya berkembang lho... hihihii meskipun yang hidup cuman 1 ekor... lumayan lah.. good star boy...

4. jahe, kunir, kencur
karena mereka jenis umbi... tinggal tancepin ke tanah aja...
jahe nya udah numbuh.. udah dipanen juga lho... hihihihi umbinya ada yang nongol ke tanah,,, kunir sama kencur yang belum nongol... mungkin besok bisa dicoba untuk nanem di pot biar kelihatan...

sebagai emak-emak yang efisien dan agak pelit... hahaha... kan kasian tukang sayurnya tuh kalo pada nanem sayuran sendiri. lumayan juga lho mencoba berdikari sendiri. paling engga, kita bisa mendapatkan sayur mayur yang lebih sehat karena tau proses menanamnya... kandungan apa aja yang ada di sayuran itu juga. pastinya kita bakalan jarang juga nyemprot pupuk kimia kan... 

next project nya pengen nanem
laos, bawang merah, putih, bombay, cabe, sawi putih, hijau, fokcay, brokoli, kol...

semangat berkreasi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekolah di masa Pandemi COVID 19

 Yeah, pandemi covid19 ini terdeteksi masuk ke Indonesia di bulan Maret 2020. Dan sekarang sudah lebih dari setahun, hampir 2 tahun ya anak-anak diliburkan sekolah tatap muka (offline). Alhamdulillah mereka masih enjoy belajar di rumah dengan emaknya. Meskipun terkadang tetep aja ada drama ketika belajar terutama belajar matematika. hihihihi... Tapi Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, kamipun semakin enjoy menjalaninya. Emaknya pun bertambah pinter juga karena mau ngga mau harus ikut belajar materi mereka untuk bisa menjelaskan materi yang mereka pelajari. Pembelajaran yang tiada henti... wkwkwk But, I do enjoy it. Kepuasan dan kebahagiaan tersendiri ketika kita menjelaskan kepada mereka dan mereka sangat antusias untuk berdiskusi atau mengerjakan tugas yang kita berikan kepada mereka. Pembelajaran online di sekolah Zufar dan Althaf (sekolah Global Islamic Labschool) menggunakan media aplikasi zoom dan media pembelajaran via website kerjasama. Untuk waktu sekolah online nya pu...

Cari sekolahan di Depok

Yey... Zu udah mau 5 tahun nih tahun ini... yang artinya, kami harus menyisihkan budget untuk sekolah TK B nya. Al mah masih tahun depan ya Dek, antri dulu kita. hihihi... Biar engga kelamaan sekolah TK nya dek. Jadi di Depok nih, ada beberapa referensi untuk sekolah TK sampe SD yang lumayan bagus. Beberapa diantaranya 1. Global Islamic LabSchool yang letaknya di jalan kalimulya raya. Sekolah ini statusnya sudah terakreditasi A. Lumayan senior lah untuk menangani bocah2 lucu nan lugu untuk TK B. Recommended karena tinggal nyebrang jalan aja kalau nganter Zu. Untuk biaya masuk per tahun 2017 ini sekitar 10,445jt, dengan SPP per bulan 675rb, exclude ekskul ya. Fasilitas bermainnya lumayan lengkap, pastinya engga ada kolam renangnya ya. playground indoor sama outdoornya lumayan lengkap. Musholla, ruang pertemuan standar, lapangan bola. Standar lah untuk biaya masuk segitu. Global Islamic LabSchool ini cuman sampe SD aja ya 2. AL-Azhar Nah, ini kemaren sempet buat dil...

Hunting bahan kain dan bahan aksesoris murah 1

Yey... I am back...  Jadi, setelah mendapatkan mesin jahit nih... saya jadi semakin tertarik untuk berbelanja kain. Meskipun masih belum tau mau dibuat apa ya... tapi yang jelas, hati ini rasanya seneng aja lihat banyak kain nongkrong di box bahan kain... padal cuman lihat aja ya... masih mending kalau lihat terus langsung tancap ngerjain ini itu... hahaha... but, at least kalau udah banyak bahan yang nongkrong drumah nih, kapan aja bisa nerjain ini itu... Apa yang terlintas dipikiran bisa langsung dituangkan dalam sebuah karya... ciehh ciehh...  Jadi kemaren udah sempat ke Kompleks pertokoan Anggada yang lokasinya di Jalan Mayor Oking, depan Rumah sakit Sentra Medika, Cibinong. Lumayan dekatlah kalau dari rumah saya di Depok. daripada mesti harus ke tanah abang, atau pasar mayestik maupun pasar cipadu. Harganya juga lumayanlah.. meskipun motif kain yang dijual engga se-lengkap di ketiga pasar yang saya sebutkan tadi ya. tapi lumayanlah untuk pemula kayak saya  yan...