Langsung ke konten utama

flash back perkembangan bocah-bocah 4,5y dan 5,5y

Setelah pencarian buku journalnya zu al pada jaman dulu masih rajin nulis manual gagal total karena belum ketemu juga, akhirnya ya udahlah mari kita ketik ketik dulu aja di sini.

Ketika mereka sudah beranjak gede Al 4,5y dan Zu 5,5y semuanya berasa cepet banget euy. Ngga berasa Zu udah mau masuk SD dan Al udah mo masuk TK. Dan saya lupa bagaimana proses perjalanan dan perkembangan mereka dari kecil sampe segede sekarang.

Whuaaaa... ternyata berguna juga untuk menulis journal perjalanan mereka lho. Ok, fine... sebelum terlambat mari kita menuliskannya disini




Jadi, memang kami memutuskan untuk menyekolahkan zufar ketika usianya 5 tahun sehingga dia akan bersekolah di TK B langsung setahun berlanjut usia 6 tahun masuk SD. Begitupun dengan Althaf. Jadi tahun 2017 bulan juli kemaren Zufar berhasil masuk TK B. Sedangkan Al masih indent nunggu sampai tahun berikutnya. Hihihi.. pengiritan emak2.
Nah, ketika mau masuk TK B pastinya setiap sekolah akan mengadakan observasi pada setiap anak. Diantaranya adalah tentang kematangan social emosi mereka, kemampuan motoric kasar dan halusnya, kemampuan dalam merespon perintah, serta kemampuan dalam bersosial dengan teman yang lainnya. Alhamdulillah Zufar bisa masuk TK B juga, meskipun ada rasa deg-degan juga karena Zufar sebelumnya memang just stay at home aja. Kekhawatiran diantaranya adalah tentang berani engga ya dia belajar sebentar sama miss nya, apakah zufar bisa menjawab dan melakukan perintah atau tugas yang diberika miss nya ? hihihi… biasalah ya, anak pertama dan pengalaman pertama sekolah.
Alhamdulillah sebelum masuk TK B, terkadang Zufar sudah diperkenalkan tentang huruf, angka, kosakata sederhana dalam bahasa inggris dan pengenalan awal tentang huruf hijaiyah. Jadi dari hasil observasinya bisa dikategorikan lumayan lah. Beberapa kekurangan dari obervasinya adalah keterampilan tangannya dalam menggunting dan menulis. Hahaha kalau ini emang belum dibiasakan sih, terutama menggunting karena masih horror aja kalau mainan gunting engga ditungguin, sedangkan emaknya kadang sibuk kesana kemari dan lalai memperhatikan mereka.
Untuk kemampuan membacanya, Pra sekolah TK B zufar sama sekali belum bisa membaca, paling masih sebatas belajar kata apa yang huruf depannya pakai huruf A, B, C… dst. Sedangkan untuk kemampuan hitungnya, sudah bisa membilang misal pencil ini jumlahnya berapa dan berapa. Bahasa Inggrisnya masih sebatas warna, angka dan beberapa nama binatang.
Kemampuan membacanya mulai berkembang sekitaran bulan agustus (starting with missal papa, mama, kota) terus bulan berikutnya mulai suka membaca 1 kalimat, mengeja kata yang lebih kompleks missal angin, uang, pohon, berkembang… Finalnya ketika bulan desember kami mudik menggunakan pesawat dan kami banyak menyelipkan buku2 yang mereka sukai… sembari nunggu pesawat, zufar mulai membawa 1 halaman penuh buku dan berlanjut terus… dan mulai sedikit sedikit memahami isi buku yang dibacanya. Meskipun ada banyak istilah didalam buku yang masih banyak yang belum dimengertinya. Nah, buku favoritnya yang dibaca sampai tuntas sama Zufar adalah buku ENSIKLOPEDIA JUNIOR PESAWAT TERBANG. Dia senang sekali membacanya sambil mencocokkan dengan kondisi ketika kami menunggu pesawat. Buku ini menceritakan tentang berbagai macam jenis pesawat, apa saja yang dilakukan ketika kita di bandara sebelum terbang dan ketika sampai di terminal kedatangan. Dari mulai antri tiket, ambil bagasi, keluar dari terminal. Makanya Zufar semangat banget membacanya. Bahasa dan ilustrasi yang digunakanpun sangat children friendly.
Dan per Februari ini Zufar sudah naik jilid 4 udah dapat beberapa lembar, lumayanlah… mesti lebih rajin lagi ngajarin ngaji setiap harinya biar pas di sekolah bisa lebih lancar.

Dan ALTHAF sekarang
Alhamdulillah, anak kedua nih pastinya akan lebih bersemangat karena mas nya ya. Termotivasi karena mas nya one step lebih duluan dari adeknya. Nah Althaf ini per bulan November 2017 kemaren berarti di usianya yang ke 4y 4m sudah bisa baca juga lho. Karena mungkina pengen bisa baca juga kayak Zufar jadinya ikut bersemangat untuk belajar bacanya.  Untuk Althaf ini justru malah lebih unik lho. Karena semua buku berusaha dibacanya. Dan kami jarang2 lho ngajarin baca sama Althaf, karena mikirnya udahlah biarin dulu toh masih usia 4,5 tahun juga. Kalau memang udah pengen baca ya gpp, tapi kalaupun belum gpp juga. Pas Zufar seusia segitu juga kami tidak pernah menyuruhnya untuk segera bisa baca.
Untuk kemampuan hitungnya, Althaf lebih teliti lho…
Ahhh duo bocah ini pastinya punya ciri khasnya masing-masing.

Their Daily activities
Jadi, mereka berdua lagi seneng membuat lego yang goldkids lumayan gede2. Baru-baru ini aja mereka mule seneng membuat mobil / hewan dari lego duplo yang ukurannya lebih kecil. Dan lucunya mereka berdua lagi seneng membuat sandiwara dengan mainan-mainan mereka lho… missal mobil pemadam, sama dino… mobil pemadam ini berusaha memadamkan api di hutan yang ada dinosaurusnya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serunya Menginap di Caravan Taman Safari Cisarua, Bogor

Jadi setelah seminggu yang lalu kami reservasi caravan by phone untuk semalam dan ternyata bocah-bocah tiba-tiba pada demam, karena emang cuaca Depok lagi lumayan ekstrem. Akhirnya kami mundurkan jadwal maen ke taman safari di minggu berikutnya, nunggu duo bocah ini pada sehat bener. Dan Alhamdulillah abis Zu ikutan acara poto wisuda (berangkat jam 9 cuman mo nyempil poto wisuda TK) "itu aja bocahnya masih keliatan pucet'... hikshikshiks... Akhirnya kita berangkat dari Depok ke taman safari jam 11an... Sampe Taman Safari sekitar jam 12.30. Alhamdulillah meskipun agak padat jalannya, tapi bisa dbilang lancar sampe sana. sekitar 1,5 jam perjalanan aja. Sesampai di taman safari, kami langsung check in hotel sekalian beli tiket via hotel. Jadi, abis check in kami bisa langsung masuk ke safari binatang nya. Noted : biaya taman safari per @Rp 180.000,-. Karena kami menginap di safari caravan, jadinya kami dapat diskon tiket @125rb + tiket liat panda @50rb. Biaya sewa

Hunting bahan kain dan bahan aksesoris murah 1

Yey... I am back...  Jadi, setelah mendapatkan mesin jahit nih... saya jadi semakin tertarik untuk berbelanja kain. Meskipun masih belum tau mau dibuat apa ya... tapi yang jelas, hati ini rasanya seneng aja lihat banyak kain nongkrong di box bahan kain... padal cuman lihat aja ya... masih mending kalau lihat terus langsung tancap ngerjain ini itu... hahaha... but, at least kalau udah banyak bahan yang nongkrong drumah nih, kapan aja bisa nerjain ini itu... Apa yang terlintas dipikiran bisa langsung dituangkan dalam sebuah karya... ciehh ciehh...  Jadi kemaren udah sempat ke Kompleks pertokoan Anggada yang lokasinya di Jalan Mayor Oking, depan Rumah sakit Sentra Medika, Cibinong. Lumayan dekatlah kalau dari rumah saya di Depok. daripada mesti harus ke tanah abang, atau pasar mayestik maupun pasar cipadu. Harganya juga lumayanlah.. meskipun motif kain yang dijual engga se-lengkap di ketiga pasar yang saya sebutkan tadi ya. tapi lumayanlah untuk pemula kayak saya  yang masih belaja

Cari sekolahan di Depok

Yey... Zu udah mau 5 tahun nih tahun ini... yang artinya, kami harus menyisihkan budget untuk sekolah TK B nya. Al mah masih tahun depan ya Dek, antri dulu kita. hihihi... Biar engga kelamaan sekolah TK nya dek. Jadi di Depok nih, ada beberapa referensi untuk sekolah TK sampe SD yang lumayan bagus. Beberapa diantaranya 1. Global Islamic LabSchool yang letaknya di jalan kalimulya raya. Sekolah ini statusnya sudah terakreditasi A. Lumayan senior lah untuk menangani bocah2 lucu nan lugu untuk TK B. Recommended karena tinggal nyebrang jalan aja kalau nganter Zu. Untuk biaya masuk per tahun 2017 ini sekitar 10,445jt, dengan SPP per bulan 675rb, exclude ekskul ya. Fasilitas bermainnya lumayan lengkap, pastinya engga ada kolam renangnya ya. playground indoor sama outdoornya lumayan lengkap. Musholla, ruang pertemuan standar, lapangan bola. Standar lah untuk biaya masuk segitu. Global Islamic LabSchool ini cuman sampe SD aja ya 2. AL-Azhar Nah, ini kemaren sempet buat dil